Tuesday, October 18, 2011

Amanah itu


Bismillahirrohmanirrohim...

Alhamdulillah... syukur hamba rafakkan atas segala limpah kurniaNya,hamba masih lagi mampu mengorak langkah dibumi Allah ini...

Sungguh, amanah itu amat berat... Kita tanggung amanah itu di dunia dan jawab diakhirat nanti...

Dalam surat Al Mudatstsir ayat 38 dinyatakan

كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ

Ertinya: “Tiap-tiap diri bertanggungjawab atas apa yang telah diperbuatnya” 

Semua orang punya amanah masing-masing sama ada ditempat kerja, di IPT dan sebagainya... semuanya kan dipersoalkan, dari sekecil-kecilnya hingga sebesar-besar perkara... Apa yang kita lakukan itu adakah seperti yang diamanahkan... Mungkin didunia kita boleh memberi sejuta alasan, namun, diakhirat kelak lidah yang selalu menipu ini akan kelu dan anggota lain yang menjadi saksi akan berbicara... saat itu, pasti murka Allah menanti... Tiada lagi tempat untuk berselindung...


Allah S.W.T berfirman lagi dalam surah As-Soffat ayat 22-24:

Ertinya : (Kepada para malaikat diperintahkan) “Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan sembah-sembahan yangselalu mereka sembah, selain Allah: maka tunjukkanlah kepada mereka jalan ke neraka. Dan tahanlah mereka di tempat perhentian karena mereka sesungguhnya mereka akan ditanya ( dimntai pertanggungjawaban ).”


Teringat hamba akan persoalan Imam Al-Ghazali kepada anak muridnya...

Pada suatu hari, Imam Al Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghazali bertanya;
Pertama, “Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?
Murid- muridnya menjawab, “Orang tua, guru, kawan ,dan sahabatnya“.
Imam Ghazali menjelaskan semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah “mati”. Sebab, sesuai dengan janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.
[Ali Imran : 185]

Kedua,”Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?
Murid-muridnya menjawab, “Negara Cina, bulan, matahari dan bintang-bintang”.
Lalu Imam Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan itu adalah benar. Tapi yang paling benar adalah “masa lalu”. Walau dengan cara apa sekalipun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Ketiga, “Apa yang paling besar di dunia ini?
Murid-muridnya menjawab, “Gunung, bumi dan matahari”.
Semua jawaban itu benar, kata Imam Ghazali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah “hawa-nafsu” [Al-A'raaf :179]. Maka kita harus berhati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Keempat, “Apa yang paling berat di dunia ini?
Ada yang menjawab, “Besi dan gajah…”
Semua jawaban adalah benar, kata Imam Ghazali, tapi yang paling berat adalah “memegang amanah” [Al-Ahzab : 72] Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah [pemimpin] di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

Kelima, “Apa yang paling ringan di dunia ini?
Ada yang menjawab, “Kapas, angin, debu dan daun-daunan”.
“Semua itu benar”, kata Imam Ghazali. Tapi yang paling ringan di dunia ini adalah “meninggalkan solat”. Gara-gara pekerjaan, kita meninggalkan solat; gara-gara bermasyarakat, kita meninggalkan solat.

Keenam, “Apakah yang paling tajam di dunia ini?
Murid-muridnya menjawab dengan serentak, “pedang”.
“Benar”, kata Imam Ghazali. Tapi yang paling tajam adalah “lidah manusia“. Karena melalui lidah, Manusia selalunya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.


************************************************************


Menjadi pembimbing bacaan Al-Quran buat dua orang insan yang telah Allah amanahkan buat diri hamba terasa amat berat... satu tanggungjawab yang pasti akan dipersoalkan diakhirat nanti... mampukah hamba untuk menjawabnya... Besar harapan hamba untuk melihat mereka boleh membaca kalamullah dengan lancar... Target hamba bukan hanya penghujung sem ini tetapi sampai bila-bila selagi hamba masih bernafas... InsyaAllah... Moga Allah rahmati dan membuka hati mereka untuk mempelajari ilmuNya... Ameen...

Syukur hamba panjatkan kerana amanah yang dipikul itu sedikit sebanyak mengubah diri ini... menjadikan diri ini lebih cakna dengan ibadah dan adab sopanku terhadap semua... Terima kasih Allah, atas tarbiyah darimu ini... Indahnya hidup ini ditarbiah sedemikian rupa....

“Dan sesungguhnya Al Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan “ (QS : Assyu’ara 192-194).

Saksikanlah Ya Allah, sesungguhnya aku telah berusaha sedaya upayaku untuk melaksanakan amanah dan tanggungjawabku menegakkan agamamu... Moga kau rahmati, kasihi dan meredhai segala yang aku lakukan... Semuanya hanya keranamu Ya  Allah.... Allahu Allah....


Post ini tidak lain tidak bukan sebagai peringatan untuk diri ini yang sering lalai dalam menunaikan amanah dan tanggungjawab... Sedarlah duhai diriku... Ingat, Allah sentiasa memerhatikanmu!!!


1 comment:

Anonymous said...

stated almost all people cover the mortgages punctually and also while not fees
A leading credit card debt charity is attempting the sheer number of persons checking out him or her with regard to assistance above cash advance bad debts so that you can double this particular. credit card debt nonprofit charities claims about purchase the actual temporary, high desire financial loans 2010. Your good cause claims 36 months gone how many people with them has been simple.
co jest prywatna pożyczka
kredyty bez bik
pożyczka na dowód forum
kredyt bez zaświadczeń zus i us
pożyczka prywatna udzielę

http://szybkapozyczkabezbik.org.pl
http://pozyczkanadowod24.com.pl
http://kredytybezbiku.biz.pl